Minggu, 12 April 2020

MELURUSKAN NIAT MENERBITKAN BUKU

              Meski sedikit kewalahan, saya akan terus berusaha untuk tetap mengikuti  kuliah online ini. Tempat tinggal yang terletak dipinggiran kabupaten membuat gelombang singal tidak begitu lancar. Sehingga ketika berurusan dengan internet terutama yang menyangkut dengan youtube atau mendownload aplikasi sangat kesulitan. Ditambah lagi adanya sikecil yang selalu ingin temani,  mungkin dia tahu sekarang ini ayah bundanya sedang libur.

                Ketika ingin menulis resume pandai mencari waktu, saat dia tidur adalah waktu yang paling efektif atau menunggu larut malam. Karena pada larut malam itu singal Hp begitu mulus, entah mengapa? Saya tidak tahu jawabannya. Walau mata mengantuk akan dicoba untuk melawannya. Seperti resume tentang “ Meluruskan Niat Menerbitkan Buku” ini saya kerjakan saat mata begitu berat.
             Materi Meluruskan Niat Menerbitkan Buku disajikan oleh Om Jay dengan nama lengkap Wijaya Kusuma. Beliau adalah Beliau seorang influencer, blogger, youtuber, dan juga seorang guru TIK.  
             Saya bersyukur sekali bisa bergabung dalam group kuliah online ini. Selama bergabung disini mendapat banyak ilmu. Karena narasumbernya adalah penulis dan pembicara nasional. Lebih kurang sudah satu minggu mengikuti pembelajaran, dalam kurun waktu itu saya bisa memliki sebuah blog dan chanel di youtube. Alhamdulillah sekali.

Blog dan chanel youtube itu saya buat dengan susah payah, karena latar belakang yang seorang guru SD sangat awam sekali tentang dunia internet. Terlebih bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Tetapi karena ingin menerbitkan sebuah buku, saya berusaha keras untuk bisa membuatnya. Sehingga sekarang tampilan blog saya amburadul karena belum begitu menguasai setingannya. Maka melalui tulisan ini saya menunggu kritik dan sarannya, terutama dari Om Jay.

Luruskahlah niat dalam menerbitkan buku, itulah kalimat yang sering diucapkan oleh Om Jay, bukan hanya mengejar sertifikatnya. Karena dengan begitu kita akan mendapatkan ilmunya. Bila kita berhasil membuat buku kita akan dikenang sepanjang masa, meski nanti telah tiada.

Kemudian ada lagi kalimat dari Om Jay “ Menulislah setiap hari, dan lihat apa yang akan terjadi. Jika kita menulis setiap hari, menulis apa yang kita lihat, kita dengar dan menulis peritiwa penting yang kita alami. Karena semakin banyak yang membaca, mengkritik dan memberi saran maka semakin sempurnalah tulisan kita. Seperti kata Ali bin Abi Tholib “ Ikatlah ilmu dengan cara menuliskannya.

                Demikianlah resume saya ini, masih jauh dari kesempurnaan. Ditunggu kritik dan saran pada kolom komentar. Semoga diakhir kuliah nanti kita sama-sama dapat menerbitkan sebuah buku. Aamiin

1 komentar: